Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia



Bukti Sejarah Islam Di Indonesia


1. Masuknya Islam ke Indonesia sejak Abad ke 7 Masehi

Beberapa ahli sejarah menyebutkan sejarah masuknya islam ke indonesia telah dimulai pada abad ke 7 Masehi lalu. Pendapat ini dikemukakan oleh ahli berdasarkan para pedagang arab yang berdatangan melalui perdagangan. Ini dikaitkan dengan argumen bahwa sejarah masuknya islam ke indonesia telah terjadi pada saat kerajaan Sriwijaya tepat pada abad ke 7 masehi.

Disebutkan oleh para ahli bahwasanya wilayah yang dijamah oleh para pedagang arab untuk menyebarkan agama islam ke indonesia adalah wilayah Pulau Sumatera pada bagian Samudera Pasai. Dari situ dimulailah melalui selat malaka lalu mendarat tepat di area pulau jawa dalam penyebaran agama islam. 

Diyakini oleh para ahli sejarawan agama islam masuk ke indonesia dalam ini sudah menyebar ke Pulau Jawa pada saat itu juga. Hal ini didasarkan berita China yang dikemukakan oleh Dinasti Tang. Di dalam berita itu menyatakan bahwa orang-orang ta'shih (Arab dan Persia) yang mengurungkan niat untuk menyerang kerajaan kalingga pada saat pemerintahan Ratu Sima.




2. Masuknya Islam ke Indonesia sejak Abad ke 11 Masehi

Untuk ahli sejarah lainnya mengatakan bahwa sejarah masuknya islam ke indonesia dimulai sejak abad ke 11 masehi. Pendapat yang ini di dasarkan pada bukti adanya sebuah batu nisan Fatimah binti Maimun yang berlokasi di Gresik Jawa Timur. Batu ini berangka tahun 1802 Masehi.

3. Masuknya Islam ke Indonesia sejak Abad ke 13 Masehi

Di samping beberapa pendapat diatas, ada yang mngungkapkan bahwa sejarah masuknya islam ke indonesia baru saja di mulai pada abad ke 13 Masehi. Bukti yang kuat menyatakan bahwa runtuhnya Dinasti Abbasiah di Bagdhad (1258), berita dari Marcopolo tahun 1292, batu nisan kubur Sultan Malik As-Saleh tahun 1297, dan berita oleh Ibnu Batuta tahun 1345. Pendapat ini diperkuat oleh adanya ajaran tasawuf diBermaanfaat



                             Semoga Bermaanfaat☺☺

                                        Amin......

Komentar

Postingan Populer