PERMAINAN TRADISIONAL LEMPAR SENDAL



PERMAINAN TRADISIONAL LEMPAR SENDAL

Di sini saya akan membahas tentang
permainan tradisional yaitu permainan lempar sandal. Di zaman sekarang, sudah jarang anak - anak yang memainkan permainan tradisional. Mereka lebih senang bermain game online. Karena lebih mengasikkan,sehingga mereka lebih senang bermain game online daripada perminan tradisional.
Tapi permainan tradisionalkanjuga mengasikkan ? Tapi banyak anak-anak yangsudah jarang memainkannya ya ? Untuk kembali mengingat, saya akan memberi informasi tentang satu permainan tradisional, yaitu lempar sandal.
Langsung aja kita bahas bersama-sama.

PENGERTIAN.
Lempar sandal adalah permainan tradisional yang bahan atau alat yang dimainkan adalah sandal. Disini diperlukan empat buah sandal, tiga buah sandal disusun seperti piramida, dan satu buah digunakan untuk melempar sandal yang tersusun tersebut dan juga melempar pemain.

A. CARA BERMAIN.
1. Para pemain dibagi kedalam dua tim.
2. Setelah dibagi, kedua tim suit, di wakili masing-masing satu anggota.
3. Tim yang menang akan melempar ketiga sandal yang tersusun, kemudian menyusun kembali sandal tersebut. Sementara tim yang kalah melempari pemain dari tim menang dengan satu sandal yang telah di sediakan tadi.
4. Semua pemain tim menang harus mampu menyusun kembali sandal dengan baik, sebelum semua pemain terkena lemparan sandal.
5. Tim yang kalah harus mampu melempari semua pemain dari tim yang menang sebelum sandal  tersusun.
6. Jika tim yang menang suit tadi memenangi permainan dengan berhasil menyusun ketiga sandal,   maka tim tersebut mendapatkan point 1 dan bergiliran dengan tim yang kalah suit tadi. Maksudnya adalah tim yang kalah yang sekarang bermain sebagai penyusun sandal.
7. Jika tim yang menang suit telah kehabisan pemain (karena dilempari), maka mereka harus berganti peran dengan tim yang kalah suit tadi.

B. ATURAN PERMAINAN.
1. Masing-masing pemain dari tim penyusun sandal memiliki 3 kali kesempatan untuk melempar susunan sandal. Misalnya dalam 1 tim terdapat 5 pemain, masing - masing pemain memiliki 3 kali kesempatan, dan jika pemain tersebut gagal melempar dalam 3 kali, maka diganti dengan pemain yang lain. Jika semua pemain gagal maka tim tersebut bertukar peran dengan tim yang kalah.
2. Tidak boleh melempar pemain sambil mengejar, apalagi menipu. Maksudnya adalah mengeluarkan gaya melempar, padahal tidak melempar. Sehingga pemain / lawan yang akan dilempar sandal tetap melakukan gerakan menghindar.
3. Saat menyusun sandal, musuh (tim yang kalah) tidak boleh melempar sandal yang sedang disusun, kecuali terkena oleh pemain sendiri (pemain dari tim penyusun sandal).
Sekian cara dan aturan dalam permainan lempar sandal yang dapat saya bagikan. Jika masih ada yang kurang, teman-teman bisa menambahkannya melalui komentar. Tujuan saya adalah untuk mengingatkan kembali permainan tradisiinal yang sudah jarang sekali dimainkan, karena pengaruh dari perkembangan teknologi.

Di buat : Rahmad Hidayat
Referensi : LEMPAR SENDAL DANDYIW

Komentar

Postingan Populer