Permainan Karambol


A.)   PENGERTIAN

    Karambol adalah permainan meja yang dapat dianggap sebagai modifikasi dari keluarga permainan biliar. Di dunia, permainan ini dikenal dengan banyak nama, seperti carrum, couronne, carum, karam, karom, karum, dan finger billiards ("biliar jari"). Permainan ini berasal dari India dan menyebar luas ke berbagai negara lainnya pada tahun 1970-an.

     Berbeda dari permainan meja lainnya, karambol tidak memakai stik untuk menggerakkan bola. Permainan ini menggunakan cakram kecil alih-alih bola. Penggeraknya adalah jari tangan yang disentilkan pada cakram sehingga mengenai cakram sasaran.

     Karambol sebagai permainan rakyat, baik di India maupun berbagai negara tetangganya (termasuk Indonesia) yang dijumpai di tepi jalan atau di tempat-tempat orang berkumpul. Kompetisi karambol biasa diadakan pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia di kampung-kampung.

B.)   PERATURAN

1.)   Permainan dimainkan dengan sistem poin atau jumlah anak karambol yang dapat di masukkan kedalam lubang oleh peserta, poin terbanyak memenangkan pertandingan.
2.)    Peserta harus memasukan anak karambol pertama menggunakan striker dengan cara di pantulkan, setelah salah satu anak karambol masuk maka anak karambol dapat di masukkan tanpa perlu di pantulkan.
3.)    Saat striker akan disentil,          
penempatan striker tidak boleh melewati garis horizontal yang terdapat    di papan karambol. Jika peserta melewati garis horizontal maka harus di bayar dengan anak karambol miliknya, jika tidak memiliki anak karambol maka peserta tersebut berhutang 1 poin.
4.)    Jika raja keluar dari lingkaran tengah papan karambol, maka peserta harus membayar dengan anak karambol miliknya, jika tidak memiliki anak karambol maka peserta tersebut berhutang 1 poin.
5.)    Peserta tidak boleh memasukan anak karambol yang terdapat di belakang garis horizontal secara langsung (harus di pantulkan).
6.)    Poin karambol :
     • Anak karambol : 1 poin
     • Raja : 10 poin
     • Striker : 5 poin

C.)     PERSIAPAN

Untuk main karambol, ada beberapa hal yang harus disiapin :

1.)   Meja Karambol
Ya iya lah, emangnya mau main di mana, kasur? Ya emang bisa juga sih main karambol di kasur, tapi kan tetep aja harus ada mejanya. Nah, ukuran meja karambol itu macem-macem. Ada yang kecil, sedang, dan besar. Harganya juga beragam, mulai dari 40an ribu sampai yang ratusan ribu juga ada.
2.)   Biji Karambol
Kala kamu beli mejanya, sekalian juga beli bijinya. Tapi biasanya sih udah paketan gitu. Biji karambol itu ada 20 buah. 18 buah adalah biji yang harus dimasukin yang terdiri dari dua warna yang dibagi 2. Maksudnya tiap warna ada 9. Trus ada 1 biji raja, dan satu biji pemukul.
3.)   Bubuk Karambol atau Bedak
Benda ini harus kamu punya juga biar si biji bisa berjalan dengan sangat lincah dan licin di atas meja. Kalau kamu gak punya atau males beli bubuknya, kamu bisa kok pake bedak biasa. Nah, bedak ini nanti berguna juga buat hukuman pemain yang kalah.
4.)   Teman main
Ya kali deh kamu main karambol sendirian, kasian amat. Minimal kamu ajak satu orang temen deh buat main. Tapi alangkah keren dan seru kalau kamu mainnya berempat sih.

D.)    CARA BERMAIN

Ada banyak peraturan dalam permainan karambol. Tapi salah satu yang MBDC suka adalah main tim gitu. Jadi 4 orang ini dibagi jadi dua tim yang saling berhadapan. Nah, peraturan mainnya seperti ini:

- Semua biji (termasuk raja) dikumpulkan di lingkaran tengah
- Biji yan masih ada dilingakran tengah gak boleh disentil langsung dengan biji pemukul, maksudnya harus ditektok gitu.
- Posisi menyentil gak boleh melebihi garis lurus yang paling deket sama pemain
- Kalau udah ada biji yang keluar, pemain juga gak boleh menyentil langsung, kecuali udah masukin salah satu biji dengan cara tektok.
- Biji yang ada di dalam kotak kecil dekat lobang juga gak boleh disentil langsung (harus tektok), kecuali
- Pemain yang udah memasukan biji misalkan warna merah, maka dia dan satu temennya harus memasukan biji warna merah.
- Memasukan biji lawan adalah keuntungan lawan. Tapi ada juga peraturan yang bilang kalau biji tersebut harus dibalikin ke lingkarang tengah, dan yang memasukan dapet hukuman.
- Biji raja gak boleh keluar dari lingkaran sampai salah satu biji warna jumlahnya tinggal 1 saja.
- Kalau salah satu pemain melanggar peraturan seperti ngeluarin raja sebelum waktunya, nyentil langsung sebelum masukin secara tektok, masukin biji pemukul maka tim tersebut harus ngembalikin lagi biji yang udah dimasukin. Tapi kalau pemain tersebut belum masukin satu biji pun, maka diitung minus.
- Tim yang berhasil masukin biji raja paling cepet, keluar sebagai pemenang

E.)   MANFAAT

1.)    Karambol adalah olahraga yang komunal.
 
karambol didesain sedemikian rupa agar bisa dimainkan oleh empat pemain, empat kubu (bukan hanya dua). Serangannya pun bukan cuma serangan dua arah, melainkan serangan ke empat penjuru mata angin.

    Dalam karambol, prinsip kebersamaan dijaga sebegitu eratnya. Kalah-menang itu nomor sekian, yang terpenting semuanya bisa ikut berpartisipasi dalam permainan.

2.)    Karambol berani menggebrak pakem.
   
Ya, licin seakan-akan menjadi musuh bagi banyak cabang olahraga. Tapi tidak bagi karambol. Karena dalam Karambol, licin adalah teman, slick are friends.

     Maka jangan heran jika dalam permainan karambol, kristal dan tepung perlu sesekali ditaburkan di atas papan. Tujuannya apa? Ya biar licin.

3.)    Karambol mengajarkan filosofi syukur dan nilai-nilai sosial.
 
Dalam karambol, ada aturan dimana para pemain hanya boleh memasukkan koin yang berada di luar kotak areanya sendiri. Kalau ia ingin menembak koin yang berada di areanya sendiri, ia tidak boleh menembaknya secara langsung, melainkan harus ngeban (memantulkan) gacuknya ke papan pantul milik lawan.

     Aturan ini seakan menyindir kita para manusia, bahwa sejatinya, kita tak boleh kemaruk. Terkadang, segala sesuatu yang ada di hadapan kita tak selalu bakal menjadi milik kita. Karena sejatinya, semua sudah diatur jatah dan porsinya.

 Aturan karambol ini juga mengajarkan kepada kita, bahwa di dunia ini kita tidak bisa mendapatkan segala sesuatunya sendiri, sebagai makhluk social, kita akan selalu membutuhkan bantuan orang lain.

4.)   Karambol itu Sopan.
   
Bisa dibilang, karambol adalah olahraga yang menjunjung tinggi kesopanan. Kenapa? Karena karambol adalah olahraga yang sunnahnya dilakukan sambil lesehan.

      Seperti yang kita tahu, lesehan tak selamannya berarti lemah, tidak digdaya, marjinal, dan lain sebagainya. Ada kalanya, lesehan adalah pewujudan sikap sederhana dan sopan dalam bentuk yang paripurna. Dan sekali lagi, karambol sangat merepresentasikan hal itu.

5.)     Karambol benar-benar merakyat
   
   Buktinya, sarana olahraga yang paling lumrah dan banyak disediakan di pos-pos ronda di seluruh lingkungan RT di Indonesia adalah papan karambol. Bukan meja biliar, lapangan futsal, ring tinju, apalagi lintasan sirkuit.

Sumber:
-Wikipedia
-Dhenira Firdhania

Penulis : Mohamad Ali Fais

Komentar

Postingan Populer